Senin, 15 September 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SD N Mingiran


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah           : SD Negeri Minggiran
Kelas/Semester        V / 1
Tema    : Benda –benda di Lingkungan sekitar
Sub Tema : Perubahan wujud Benda
Pembelajaran : 3
AlokasWaktu           7 jp x 35 menit 

A. KompetensInti (KI) :
KI.1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.

KI.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

KI.3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya  di rumah, di sekolah dan tempat bermain

KI.4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

No.
KI
Kompetensi Dasar
Indikator
1

SBDP



3
3.1

Memahami konsep variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olah raga tradisional bola besar. 

3.1.1
Menyebutkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional 

4
4.1
Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola besar.
4.1.1
Melakukan berbagai gerakan dalam dalam permainan bola besar (Voli Mini : servis, passing, dan smash)
2

IPA



3
3.1
Mendeskripsikan rangka manusia dan fungsinya
3.1.1


3.1.2
Menyebutkan bagian-bagian rangka manusia

Menjelaskan cara merawat rangka manusia

4
4.1
Membuat bagan rangka manusia beserta fungsinya
4.1.1
Membuat bagan rangka manusia dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan
3

Bahasa Indonesia



3
3.2
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.2.1
Mengidentifikasi pentingnya manfaat air bagi makhluk hidup (manusia,hewan,tumbuhan)

4
4.2
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.2.1
Menyajikan teks tentang pentingnya air dalam kehidupan makhluk hidup (manusia,hewan,tumbuhan)

B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

C. Tujuan Pembelajaran 


 Dengan mengamati beberapa gambar siswa dapat mengindentifikasi kebutuhan masyarakat secara cermat dan teliti. 

2  Dengan menggali informasi siswa dapat menjabarkan asper, contoh, dan cara memenuhi kebutuhan manusia secara logis dan tepat. 

 Dengan berdiskusi siswa dapat mengumpulkan data tentang, nama barang, wujud barang dan daerah tujuan dengan demokratis dan komunikatif. 

 Dengan menggali informasi dari bacaan siswa dapat menemukan informasi dan data mengenai aktivitas manusia yang mempengaruhi alam secara logis, tepat, dan sistematis. 

5 Dengan melakukan soal – soal latihan, siswa mampu melakukan pembagian dalam pecahan secara mandiri, cermat, dan teliti 



D. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. IPA        :   Perubahan wujud Benda
2. Bahasa Indonesia   :   Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3. SBDP     :   Properti Tari   
            
E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik  
2. Metode diskusi dan tanya jawab

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media   gambar rumah dan orang memancing 
Alat/Bahan   Kertas dan kayu
Sumber Belajar :Buku  Siswa Kelas V Tema 1 “ Benda-benda disekitar“. Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa 
2. Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan memberikan penjelasan kerusakan terumbu karang Akibat Ekploitasi Ikan dengan cara merusak.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
 10 menit
Kegiatan Inti
1. Siswa melakukan kegiatan mengamati gambar rumah dan orang memancing
2. Siswa melakukan pengamatan serta mengutarakan
3. Siswa mengamatihasil kerja teman -teman.
4. Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan teknik-teknik dalam penamatan
5. Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan mengkonfirmasikan setiap jawaban kelompok.
6. Siswa  mengamati gambar bagian-bagian rumah yang telah diamati.
7. Siswa menyebutkan bagian-bagian bangunan rumah.
8. Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi rumah.
9. Siswa berdiskusi tentang cara merawat rumah supaya tetep indah.
10. Siswa menuliskan jawaban sesuai pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.
11. Siswa membaca teks tentang “Kerusakan Terumbu Karang “
12. Siswa mengamati beberapa gambar pekerjan seorang dimasyarakat.
13. Siswa mengamati berbagai contoh yang digunakan dalam kegiatan dalam diskusi dalam bacaan.
14. Siswa menyebutkan dan menuliskan pada portofolio dari hasil kelompok masing msing
190 menit
Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan tentang cara merawat rumah supaya selalu indah
2. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat rumah yang indah
3. Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai manfaat rumah.
4. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
5. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
15 menit



H. PENILAIAN
1. Teknik penilaia :
a. Penilaian sikap  :  Pengamatan
b. Penialaian pengetahuan :  Tes tertulis
c. Penilaian keterampilan :  Penilaian unjuk kerja
2. Instrumen :
a. Penilaian sikap : 

Rubrik Penilaian sikap
No
Aspek
Skor
Kriteria
1.
Tanggung jawab
4
Sangat bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
3
Bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
2
Kurang  bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas
1
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.
2.
Percaya diri
4
Sangat percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru.
3
Percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
2
Kurang percaya diri dalam melaksanakan tugas dari guru
1
Tidak bertanggungjawab dalam melaksanakan tugas.

Lembar Pengamatan :
No.
Nama Siswa
sikap
Rt
deskripsi
Tanggung jawab
Percaya diri
4
3
2
1
Rt
4
3
2
1
Rt
1.
Daffa Danendra












2.
Deffa Danendra












3.













4.
Dst.

















Rubrik Penilaian Pengetahuan dan  Keterampilan :
No
Aspek
Skor
Kriteria
1.
Isi dan Pengetahuan
4
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan benar dalam mengelompokkan jawaban
3
Keseluruhan jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
2
Sebagian besar jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan sebagian besar benar dalam mengelompokkan jawaban
1
Hanya sebagian kecil  jawaban siswa sesuai dengan gambar yang diamati dan hanya sebagian kecil benar dalam mengelompokkan jawaban
2.
Penggunaan Bahasa 

4
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dan menarik dalam keseluruhan penulisan.
3
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien penulisan
2
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagian besar penulisan
1
Bahasa  Indonesia yang baik dan benar dipergunakan dengan efisien dalam sebagai  kecil  penulisan
3.
Keterampilan Penulisan
4
Keseluruhan penulisan dari pengamatan benar, sistematis, dan jelas, dengan hasil sangat baik.
3
Keseluruhan penulisan dari pengamatan memiliki hasil baik untuk dua unsur dari ketiga kriteria (benar, Sistematis, dan jelas). 
2
Sebagian besar penulisan dari pengamatan memiliki hasil cukup karena harus memenuhi 1 kriteria yang ditetapkan 
1
Hanya sebagian penulisan dari pengamatan perlu peningkatan karena belum memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Lembar Pengamatan :
No.
Nama Siswa
Sikap
Skor
Isi dan Pengetahuan
Penggunaan Bahasa
Keterampilan Penulisan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1

1.
Afif Putra Hanan













2.
Fatah Husein













3.
Choiril Adnan













4.
Dst.














Mengetahui Yogyakarta,    2014
Kepala Sekolah Guru Kelas



Siyam Mardini, M.Pd Daryanti, S.Pd.SD
NIP. 19701114 199203 2 004 NIP. 19661205 200701 2 014











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah           : SD N Minggiran
Kelas/Semester        : V/ I
Tema    : BENDA-BENDA DI LINGKUNGAN SEKITAR
Sub Tema : WUJUD BENDA DAN CIRINYA
Pembelajaran : 1
AlokasWaktu          : 1 X ( 4 X 35 Menit)

A. KompetensInti KI
1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air. 
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, dan mencoba menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain. 
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.


B. KOMPETENSI DASAR & INDIKATOR

KI
Kompetensi Dasar
Indikator
3








4






1


2





3

























2

1


3.1








4.1






1.1


2.1
Bahasa Indonesia
Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimb angan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku

Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
Meresapi anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan proses kehidupan bangsa dan lingkungan alam 
Memiliki kepedulian, tanggung jawab, dan rasa cinta tanah air terhadap bencana alam dan keseimbangan ekosistem serta kehidupan berbangsa dan bernegara melalui pemanfaatan bahasa Indonesia

3.1.1


3.1.2




4.1.2
 Menjelaskan isi informasi dari bacaan tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia

menjelaskan arti kosakata baku yang terdapat dalam teks bacaan


Menyajikan hasil laporan dalam bentuk tabel mengenai perubahan alam dan keseimbangan ekosistem yang diakibatkan oleh kegiatan manusia


3.2















4.1










2.1

1.1
MATEMATIKA
Memahami berbagai bentuk pecahan (pecahan biasa, campuran, desimal dan persen) dan dapat mengubah bilangan pecahan menjadi bilangan desimal, ser ta melakukan perkailan dan pembagian 









Mengurai sebuah pecahan sebagai hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua buah pecahan yang dinyatakan dalam desimal dan persen dengan berbagai kemungkinan jawaban





Menerima ajaran agama yang dianutnya. 
Menunjukkan sikap kritis, cermat dan teliti, jujur, tertib dan mengikuti aturan, peduli, disiplin waktu, tidak mudah menyerah serta bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas
Menerima ajaran Tuhan yang dianutnya
3.2.1





3.2.2



3.2.3




4.1.1




4.1.2



4.1.3









mengurutkan pecahan biasa, campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya

menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen
menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen

mengurutkan pecahan biasa, campuran, decimal dan persen dengan urutan dari kecil ke besar dan sebaliknya
menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dan persen
menyelesaikan soal latihan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan desimal dan persen




3.1






4.1







1.1


2.1
IPS
Memahami aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannnya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional 

Menyajikan hasil pengamatan mengenai aktivitas dan perubahan kehidupan manusia dalam ruang, konektivitas antar ruang dan waktu serta dan keberlanjutannya dalam kehidupan sosial, ekonomi, pendidikan dan budaya dalam lingkup nasional dari sumber sumber yang tersedia
Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan waktu dengan segala perubahannya 
 Menunjukkan perilaku jujur, sopan, estetika dan memiliki motivasi internal ketika berhubungan dengan lembaga sosial, budaya, ekonomi dan politik
3.1.1



3.1.2


4.1.1
Mengenal aktivitas di lingkungan rumah, sekolah dan sekitarnya

mengenal perubahan lingkungan akibat aktivitas sehari- hari
Menyusun laporan secara tertulis dalam bentuk tabel hasil identifikasi tentang aktivitas dan perubahan kehidupan manusia
C. Tujuan Pembelajaran 
1. Dengan kegiatan mengamati gambar orang yang membuang sampah ke sungai, siswa menemukan contoh perilaku manusia yang dapat menyebabkan perubahan alam dengan benar dengan cermat dan teliti. 
2. Dengan kegiatan eksplorasi perubahan alam, siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan alam yang berdampak pada manusia dengan cermat. 
3. Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa dapat menemukan contoh– contoh perubahan wujud benda yang terdapat pada bacaan dengan cermat dan teliti. 
4. Dengan membaca teks tentang perubahan wujud benda, siswa menuliskan kosakata baku dan tidak baku beserta artinya dengan tepat dengan cermat dan teliti. 
5. Dengan latihan penyelesaian soal tentang pecahan, siswa dapat mengubah bentuk pecahan biasa ke bentuk pecahan campuran, persen, dan desimal dengan cermat, teliti, dan percaya diri.

D. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. Bahasa Indonesia  : Teks bacaan Aneh, Kenapa bisa begitu?
2. IPS : Perubahan-perubahan alam di lingkungan sekitar Tempat tinggal
3. IPA : Perubahan wujud
4. Matematika : Soal pecahan biasa dan campuran

E. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik  
2. Model : ceramah, diskusi, penugasan

F. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media  
· teks bacaan (buku siswa)
· gambar
· Lilin (perubahan wujud)
· Korek api
· semangka (mengenal pecahan)
2. Alat/Bahan
· Pisau
· Kertas 
3. Sumber Belajar :  
· Buku siswa tema Benda-benda di lingkungan sekitar 
· Sub tema 1 wujud benda dan cirinya
G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru membuka pelajaran dengan menyapa siswa dan menanyakan kabar mereka.
3. Guru melakukan presensi.
4. Guru menginformasikan tujuan pembelajan
           kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan hari ini

15  menit
Kegiatan Inti
· MENGAMATI
1. Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikal dengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yang merangkum kompetensi-kompetensi yang  akan dipelajari. 
2. Siswa mengamati gambar yang menunjukkan contoh perilaku yang tidak selaras dengan lingkungan, yakni membuang sampah ke sungai. 
3. Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar secara cermat . 
4. Siswa menjawab pertanyaan pada buku iswa berdasarkan pengamatan gambar. 
5. Gunakan rubrik pengamatan gambar untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa
6. Selesai membaca, siswa menuliskan pada tabel contoh kosakata baku dan kosakata tidak baku yang terdapat pada bacaan. 
7.  Setelah membaca dan memahami kosakata-kosakata baku dan tidak baku, siswa menuliskan informasi-informasi yang terdapat pada bacaan di atas berkaitan dengan perubahan wujud benda
8. Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep pecahan melalui ilustrasi pembagian roti dan buah jeruk . 
9. Fokus penjelasan pada bentuk pecahan biasa dan bentuk pecahan campuran. 
10. Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan. 
11. Pada kegiatan siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa. 
12. Secara interaktif dan menarik, guru menjelaskan konsep persen. 
13. Fokus penjelasan pada mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa. 
14. Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan. 
15. Pada kegiatan siswa mengerjakan soal latihan untuk mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan persen dan mengubah bentuk pecahan persen menjadi bentuk pecahan biasa.
16. Gunakan rubrik menyelesaikan soal latihan pecahan untuk mengetahui tingkat pencapaian siswa.
17. Siswa menyimak bacaan dan memahami isi bacaan siswa dapat menyebutkan informasi yang ada dalam bacaan
18. Siswa mengidentifikasi perubahan-perubahan lingkungayang dipengaruhi oleh aktivitas manusia. 
19. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar
20. Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuah bacaan 
21. Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui contoh-contoh perubahan wujud benda.
Catatan : 
Guru memberikan umpan balik di sepanjang proses kegiatan ini
Siswa mengidentifikasi informasi yang bersumber dari sebuah
Bacaan yang berkaitan dengan wujud benda
Siswa memahami konsep mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa. 
Siswa bisa mengubah bentuk pecahan biasa menjadi bentuk pecahan campuran dan mengubah bentuk pecahan campuran menjadi bentuk pecahan biasa 
Kemandirian dalam mengerjakan tugas.
Siswa dapat menyebutkan bermacam-macam perubahan wujud dengan teman/ kelompoknya.

110  Menit 
Kegiatan Penutup
1. Guru bersama siswa melakukan refleksi pembelajaran yang telah dilakukan.
  2.  Guru mengakhiri pelajaran dengan berdoa dilanjutkan
        menutup pelajaran.
  3.  Guru menyampaikan materi pelajaran untuk besuk pagi  
15 menit

H. PENILAIAN
Teknik penilaian 
1. Teknik penilaian :
a.    Penilaian Sikap  :  Rasa ingin tahu, percaya diri, peduli terhadap lingkungan, dan mencintai lingkungan.
b. Penilaian Pengetahuan  : Tes tertulis.
c.    Penilaian Ketrampilan  : Unjuk kerja.
2. Bentuk Instrumen Penilaian :
a.    Penilaian Sikap.
NO
NAMA
RASA INGIN TAHU
PERCAYA DIRI
BERTANGGUNG JAWAB











b. Penilaian Pengetahuan.
No NO
NAMA
Ciri Lingkungan Bersih
Ciri Lingkungan
Kotor
Skor Nilai










Rentang Nilai 100- 85 = A
Nilai 85- 75 = B
Nilai 75- 60 = C
Mengetahui Yogyakarta,    2014
Kepala Sekolah Guru Kelas



Siyam Mardini, M.Pd Daryanti, S.Pd.SD
NIP. 19701114 199203 2 004 NIP. 19661205 200701 2 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar