I. Kedudukan Media Sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Proses komunikasi dalam konteks belajar :
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2AE.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2BE.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2BF.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2D0.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2D1.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2D2.tmp.png)
![](file:///C:%5CUsers%5Cuser%5CAppData%5CLocal%5CTemp%5Cksohtml%5CwpsB2D3.tmp.png)
Fungsi media pembelajaran
a. Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
b. Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
c. Kesempatan belajar yang lebi merata
d. Pengajaran lebih berdasarkan ilmu
Manfaat media pembelajaran :
1. Penyampaiannya akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
2. Materinya akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa.
3. Penyampainnya akan lebih bersifat langsung, mengajak siswa secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber relajar
4. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru.
II. Ciri media dalam pembelajaran :
1) Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, disket komputer dan film. Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan mudah diproduksi kapan saja diperlukan.
2) Ciri Manipulatif
Ciri manipulatif yaitu dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording.
3) Ciri Distributif
Ciri distributif yaitu suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar