SKENARIO PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS 5
A. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. IPA : Perubahan wujud Benda
2. Bahasa Indonesia : Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3. SBDP : Properti Tari
B. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik
2.Metod: diskusi dan tanya jawab
,membaca secara lisan,mendiskripsi benda sekitar,
bercerita dan membaca dengan suku kata .
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : gambar rumah dan orang memancing
Alat/Bahan : Kertas dan kayu
Sumber Belajar :Buku Siswa Kelas V Tema 1
“ Benda-benda disekitar
“. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa
2. Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan
memberikan penjelasan “kerusakan terumbu karang
Akibat Ekploitasi Ikan dengan cara merusak.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
|
7 menit
|
Kegiatan Inti
|
1. Guru menjelaskan halaman berapa yang harus dibaca
2. Siswa melakukan kegiatan membaca
3. Guru menjelaskan mengenai kosakata baku dan tidak baku
4. Guru memberikan contoh-contoh dari bacaan teksnya tentang kosa kata baku dan tidak baku
5. Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan
teknik-teknik dalam pengamatan
6. Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan
mengkonfirmasikan setiap jawaban kelompok.
7. Siswa mengamati gambar bagian-bagian rumah yang telah diamati.
8. Siswa menyebutkan bagian-bagian bangunan rumah.
9. Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi rumah.
10. Siswa berdiskusi tentang cara merawat rumah supaya tetep indah.
11. Siswa menuliskan jawaban sesuai
pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.
12. Siswa menyebutkan dan menuliskan pada
portofolio dari hasil kelompok masing msing
|
40 menit
|
Kegiatan Penutup
|
1. Siswa membuat kesimpulan tentang cara merawat
rumah supaya selalu indah
2. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat rumah yang indah
3. Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai manfaat rumah.
4. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
5. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
13 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar