Senin, 22 September 2014

SKENARIO PEMBELAJARAN KELAS 5 SD



SKENARIO PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
KELAS 5 


A. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. IPA        :   Perubahan wujud Benda
2. Bahasa Indonesia   :   Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3. SBDP     :   Properti Tari   
            
B. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik  
2.Metoddiskusi dan tanya jawab 
,membaca secara lisan,mendiskripsi benda sekitar
bercerita dan membaca dengan suku kata .
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media   gambar rumah dan orang memancing 
Alat/Bahan   Kertas dan kayu
Sumber Belajar :Buku  Siswa Kelas V Tema 1 
“ Benda-benda disekitar
 “. Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta :
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa 
2. Gurmemberikan motivasi belajar siswa dengan 
memberikan penjelasan kerusakan terumbu karang
 Akibat Ekploitasi Ikan dengan cara merusak.
3. Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
 7 menit
Kegiatan Inti
1. Guru menjelaskan halaman berapa yang harus dibaca
2. Siswa melakukan kegiatan membaca
3. Guru menjelaskan mengenai kosakata baku dan tidak baku
4. Guru memberikan contoh-contoh dari bacaan teksnya tentang kosa kata baku dan tidak baku  
5. Siswa berdiskusi dalam kelompok, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di buku siswa berkaitan dengan
 teknik-teknik dalam pengamatan
6. Guru berkeliling selama proses diskusi dan memandu kelompok-kelompok yang mengalami kesulitan dan 
mengkonfirmasikan setiap jawaban kelompok.
7. Siswa mengamati gambar bagian-bagian rumah yang telah diamati.
8. Siswa menyebutkan bagian-bagian bangunan rumah.
9. Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi rumah.
10. Siswa berdiskusi tentang cara merawat rumah supaya tetep indah.
11. Siswa menuliskan jawaban sesuai 
pertanyaan pada buku siswa berdasarkan hasil diskusi.
12. Siswa menyebutkan dan menuliskan pada 
portofolio dari hasil kelompok masing msing
40 menit
Kegiatan Penutup
1. Siswa membuat kesimpulan tentang cara merawat
 rumah supaya selalu indah
2. Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat rumah yang indah
3. Siswa membuat sebuah kesimpulan mengenai manfaat rumah.
4. Siswa bersama guru merefleksi kegiatan pembelajaran hari ini
5. Siswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
13 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar